Bagaimana Itu Masa Depan?

Kemarin saya mendengar seseorang menceritakan kisah hidupnya. Dari awal hingga dia di titik sekarang berdiri. Dia nampak berkaca-kaca saat mengeluarkan kata dari mulutnya. Sesekali dia agak terdiam sesaat, tenggorokannya mungkin tercekat sebuah perasaan haru.

Dia bercerita, bermimpi pun dia tak pernah, apalagi mengangankan apa yang dia peroleh saat ini. Hanya, dalam otaknya dia sugestikan untuk mendapat yang lebih baik dari hari ini.

Akhirnya… Kini masa depannya terjamin.

Dia bercerita. Saya mendengarkan. Saya merenung. Bukan merenungi bagaimana saya bisa mencontoh perjalanan hidupnya, namun lebih dari itu saya merenungi apa yang dia peroleh saat ini: apa semuanya telah usai dan berhenti di sini? Saya bertanya dalam hati. Mengungkap kembali pertanyaan lama yang telah ada di pikiran saya. Bagaimana itu dengan masa depan? Apa yang mampu menjamin baiknya kepastian masa depan? Apakah pekerjaan yang baik? Usaha yang baik?

Bila saya menjadi PNS apa telah usai sampai di sini, karena masa depan saya sudah pasti terjamin? Bila saya punya usaha katakanlah yang mampu memberikan lapangan pekerjaan untuk orang banyak, saya tak perlu lagi memikirkan masa depan karena toh kekayaan saya bisa menjamin hidup saya?

Ah benar katanya; hidup ini fana. Apa yang kita kejar sesungguhnya? Kepuasan. Tapi kapan kita bisa puas? Kapan kita merenungi apa yang sudah kita miliki?

Kenapa tak seperti ayam? Yang bila dia hidup di lumbung padi dia hanya akan makan secukupnya. Apa ayam memikirkan tentang masa depan juga? Yang jelas keesokan harinya dia akan bangun sepagi mungkin dan mulai mencari makan lagi.

Leave a Reply

