Senyumlah

Apa yang pertama terlintas bila mengingat masa lalu?

Hampir kebanyakan orang akan bernanar matanya mengingat betapa bahagia saat itu. Bahkan bila ternyata pada masa itu adalah saat-saat yang paling sulit di hidupnya, dia akan bersyukur pada akhirnya, karena telah menemukan pelajaran yang akan disyukurinya sepanjang hidup.

image

Apa yang kalian lihat pada gambar itu?
– dua orang anak kecil yang berpelukan

Yang tak bisa aku bayangkan dan sampai membuat terharu adalah seberapa besar dan panjangnya perjuangan orang tua kedua anak itu. Foto itu diambil 23 tahun yang lalu. Berarti usia kedua orang tua itu pun sudah tak muda lagi sekarang. Kedua anak itu sudah tumbuh dewasa. Bagaikan seekor burung, sayap mereka sudah dapat merentang lebar, kepakannya sudah kencang, tinggal pengalaman saja yang akan menambah jam terbang mereka. Dan mereka telah siap memulai tantangan baru.

Bapak-Ibu bagaimana kami harus membalas segala jasa kalian? Walaupun sudah pasti mustahil menebus jasa kalian tetapi kami akan berusaha sekuat kemampuan untuk dapat selalu membuat kalian tersenyum di hari tua.

Aku yakin manusia manapun akan bahagia bila melihat foto masa kecil dirinya atau orang-orang yang dikasihinya.

Pada dasarnya settingan default sistem mekanisme otak manusia adalah menemukan dan mencari kebahagiaan, hanya saja ada beberapa rintangan yang akan menjadikan perjalanan itu terasa ribet; ego, harga diri, obsesi dan nafsu.

“Hidup indah bila mencari berkah” ~ cuplikan lagu Wali.

Seorang bijak pernah berkata “yang jauh itu waktu, yang dekat itu mati, yang besar itu nafsu, yang berat itu amanah, yang mudah itu berbuat dosa, yang panjang itu amal sholeh dan yang indah itu saling memaafkan”

Aku sisipkan satu lagi “yang melegakan itu adalah bersyukur”. Ya Tuhan, cukupkan kami dan jadikan kami orang yang bersyukur. Aamiiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s