Enjoy it!

Ramadhan telah berakhir hari ini. Seperti biasa, banyak kegembiraan menyambut datangnya idul fitri, pun juga tidak sedikit yang meratap kecewa pada pencapaian yang telah diraih selama sebulan ini. Alih-alih mensyukuri betapa melimpah buah nikmat yang harus disyukuri, kebanyakan justru tenggelam dalam samudera penyesalan. Entahlah. Perpisahan memang berarti ganda.

Seperti konsep kehidupan pada umumnya, dua sisi yang bertolak belakang memang sering mempresentasikan apa itu realita kehidupan. Sama seperti tadi perjumpaan-perpisahan, hitam-putih, pagi-malam, dll dsb. Orang yang terjebak pada pendapat “kenyataan itu pait” pasti akan menganggap ujung atau akhir pencapaian adalah sesuatu yang selalu diratapi. Perpisahan, hitam, dan malam selalu diiringi dengan ratapan dan tangisan. Mereka mungkin membandingkannya dengan “jahat, salah, dan dosa” yang menjadi perlawanan “baik, benar dan pahala”. Sangatlah jelas berbeda. Perlawanan kata yang satu sangat ditekankan pada proses dan yang lain ditekankan pada hasil akhir.

“Syukur itu adalah puncak pengamalan seorang hamba pada Tuhannya” begitu kata Quraish shihab dalam kultum subuh di tivi. “Sedikit di antara hambaKu yang mau bersyukur”

Sampai di sini sudah jelas di mana kita harus menempatkan diri pada kasus tadi?

Di antara hitam dan putih terdapat warna lain yang harus kita syukuri kehadirannya sebagai pemberi warna yang tidak monoton dan membosankan. Sama seperti perjumpaan-perpisahan dan pagi-malam, ada banyak sekali yang perlu disyukuri dalam prosesnya.

Bedanya dengan benar-salah, baik-jahat dan pahala-dosa adalah yang ini harus melibatkan proses peradilan dalam penyelesaiannya. Entah peradilan kehidupan atau peradilan Tuhan.

Saya belajar berusaha mensyukuri tiap detil proses kehidupan. Entahlah, kadang daripada capek sendiri meratapi pahitnya hidup, kan mendingan dinikmati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s